14.7.13

[catatan] tentang hujan.


Saya adalah perempuan penggemar tulisan, dalam hal ini puisi dan lirik lagu, tentang hujan. Rasanya tidak pernah bosan mendengarkan kata "hujan" sedemikian sering terlontar. 

Jenuh, tentu sesekali ada.

Lalu saya bertemu sebuah film animasi Jepang berjudul "The Garden of Words" - yang sejujurnya belum saya tonton - dengan lagu-lagu temanya yang hampir semuanya 'berbau' hujan. 
A Rainy Morning.
Greenery Rain.
Rain of Recollection.
While Hearing Sound of Rain.
A Silent Summer.
The Afternoon of Rainy Day.

Mendadak rasa jenuh itu hilang. Mendadak ada sosok hujan yang lain yang saya kenal yang bisa kembali saya tuliskan (atau sekadar lamunkan). Tentu saja, karena hujan adalah satu kumpulan puisi tersendiri, yang seperti dirinya juga : tidak akan ada habis-habisnya. Ia mungkin hanya belum turun. Atau, ia hanya terlihat sama begitu saja dari waktu ke waktu. Padahal tidak pernah demikian adanya.

Tidak ada hujan yang pernah sama.

No comments: