27.6.16

[catatan] jalan.

ada banyak jalan untuk bermimpi. ada banyak cabang jalan untuk mewujudkannya. bukan berarti yang saya pilih adalah yang paling benar, atau yang kamu pilih adalah yang terbaik. bukankah kita yang tahu ke mana Dia mengarahkan petunjuknya bagi kita? mungkin saja kan, kiri bagiku dan kanan bagimu.

ada banyak jalan untuk berbahagia. ada banyak cabang jalan untuk merasakannya. bukan berarti kebahagiaan itu menurut saya palsu, atau kebahagiaan ini menurutmu adalah yang sejati. bukankah kita yang tahu bagaimana Dia berkuasa atas hati kita? bukankah mungkin dibolakbaliknya rasa dalam hati kita, hingga yang sejati hanyalah kuasanya yang niscaya.

ada banyak jalan untuk berdamai. ada banyak cabang jalan untuk memeluknya seutuhnya. bukan berarti berdamai dengan masa lalu itu lebih penting daripada kompromi dengan masa depan. bukankah masa selalu bergulir, dan membutir, lalu hanyut bersama buih di samudra, ibu segala kala? bukankah berdamai itu cukup antara kita dan kita saja, karena waktu, sekarang maupun nanti, bukan lawan juga kawan.


No comments: